Kapolres Nganjuk Pimpin Latihan Tim Pengendali Massa (Dalmas) Jelang Pilkada Serentak 2024

Latihan Tim Pengendali Massa Jelang Pilkada Serentak 2024.Foto: tivi7news.com/Dok Polres

Nganjuk, tivi7news.comKapolres Nganjuk AKBP Siswantoro, pimpin langsung latihan tim Pengendali Massa (Dalmas) Polres Nganjuk. Latihan ini dilaksanakan di lapangan apel Polres Nganjuk pada Kamis (01/08/2024).

 

AKBP Siswantoro mengungkapkan bahwa Polres Nganjuk telah menyiapkan tak kurang dari 150 personel Dalmas yang terbagi menjadi tiga kompi. Personel yang terlibat adalah gabungan dari anggota Polres dan polsek jajaran.

 

“Pelatihan formasi Dalmas dilaksanakan dengan mengadopsi situasi eskalasi yang mendekati situasi di lapangan saat Pilkada Serentak 2024. “Kami ingin tim Dalmas Polres Nganjuk menjadi mahir, terampil, dan teruji,” jelas AKBP Siswantoro.

 

Ia menegaskan bahwa keamanan dan ketertiban selama Pilkada Serentak 2024 merupakan prioritas utama Polres Nganjuk. Latihan intensif  bertujuan untuk memastikan tim Dalmas siap menghadapi segala kemungkinan eskalasi situasi dengan profesionalisme dan keahlian yang tinggi, serta dengan pendekatan humanis.

 

“Latihan melibatkan berbagai skenario, mulai dari pengendalian massa yang damai sampai penanganan situasi yang ekstrem. Kami menekankan pentingnya pendekatan humanis pada setiap tindakan. Anggota Dalmas harus mampu meredam situasi dengan cara yang profesional dan tidak provokatif,” terang AKBP Siswantoro.

 

Selain pelatihan teknis, Polres Nganjuk juga memberikan pembekalan pengetahuan hukum dan hak asasi manusia kepada anggota Dalmas. Tujuannya adalah agar setiap tindakan yang diambil di lapangan sesuai dengan aturan dan tidak melanggar hak warga.

Pos terkait