Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid

Tata Cara Mandi Wajib. Foto: Tivi7news/ilustrasi.
banner 468x60

Nganjuk, tivi7news.com- Mandi wajib atau mandi besar adalah salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh seorang Muslim setelah mengalami hadas besar, seperti haid. Berikut adalah tata cara mandi wajib yang benar menurut ajaran Islam:

1. Niat
Langkah pertama dalam mandi wajib adalah niat. Niat dilakukan di dalam hati untuk membersihkan diri dari hadas besar. Niat ini tidak perlu diucapkan dengan keras, cukup dalam hati saja. Contoh niat mandi wajib setelah haid:

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Nawaitu ghusla liraf’il hadatsil akbari lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar karena Allah Ta’ala.”
2. Mencuci Kedua Tangan
Mulailah dengan mencuci kedua tangan hingga pergelangan sebanyak tiga kali untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel.

3. Membersihkan Kemaluan
Bersihkan kemaluan dan area sekitarnya dengan tangan kiri. Pastikan membersihkan dengan baik untuk menghilangkan najis yang ada.

4. Berwudhu
Setelah membersihkan kemaluan, lakukan wudhu seperti wudhu saat hendak shalat. Mulai dari mencuci wajah, tangan, mengusap kepala, hingga mencuci kaki.

5. Menyiram Kepala
Setelah berwudhu, siram kepala dengan air sebanyak tiga kali. Pastikan air mencapai kulit kepala dan meresap ke seluruh bagian rambut.

6. Membersihkan Tubuh
Siram seluruh tubuh mulai dari bagian kanan kemudian bagian kiri. Pastikan seluruh bagian tubuh terkena air, termasuk lipatan-lipatan kulit.

7. Menggosok Tubuh
Menggosok tubuh dengan tangan atau kain untuk memastikan kotoran dan najis benar-benar hilang.

8. Berkumur dan Membersihkan Hidung
Berkumurlah dan bersihkan hidung dengan memasukkan air kemudian mengeluarkannya untuk memastikan kebersihan mulut dan hidung.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan:
– Pastikan air yang digunakan adalah air bersih dan suci.
– Lakukan dengan tenang dan khusyuk agar ibadah mandi wajib ini diterima oleh Allah.
– Setelah mandi wajib, pakaian yang dikenakan juga harus bersih dari najis.

Dengan melakukan mandi wajib dengan benar, diharapkan bisa kembali suci dan siap untuk melaksanakan ibadah lainnya seperti shalat. Menjaga kebersihan dan kesucian adalah bagian penting dari kehidupan seorang Muslim

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *