News  

TPS Unik Desa Kuncir, Dihias Ala Wedding

Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan salah satu elemen kunci dalam proses pemilihan umum yang berlangsung di negara demokratis

TPS Unik Desa Kuncir, Dihias Ala Wedding. Foto : tivi7news.com/Rendi

Nganjuk, tivi7news.com – Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan salah satu elemen kunci dalam proses pemilihan umum yang berlangsung di negara demokratis. Persiapan yang matang dalam pembuatan TPS adalah hal yang sangat penting untuk memastikan kelancaran dan keabsahan proses demokrasi

Salah satu yang menarik dari perhelatan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 adalah tempat pemungutan suara (TPS) unik dan manarik perhatian masyarakat.

Seperti di Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024  Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini, terdapat TPS unik di Desa Kuncir, Kecamatan Ngetos,. Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 07 Desa Kuncir, menghias TPS layaknya Hajatan Temanten ( Wedding ) lengkap dengan Kwadenya ( Dekor ).

Lokasi TPS 07 bertempat di Balai Desa Kuncir, dengan nuansa yang sejuk mulai pintu masuk dihihasi dengan beraneka macam bunga dan simbol gunungan dalam pewayangan.

 

Kepala Desa Kuncir Wiwit Sukartinem mengaku sengaja menghiasi TPS 07 dengan nuansa layaknya hajatan pernikahan yang bernuansa Jawa untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menarik minat warga untuk menggunakan hak pilihnya.

 

Selain itu Wiwit juga mengatakan, tema Jawa itu dipilih karena ingin mengenalkan kejawaan kita kepada pemilih utamanya pemlilih milenial.

 

“Mengambil tema Jawa,jadi ucapan selamat datangnya sugeng rawuh,besok para petugas juga memakai pakaian adat Jawa,”ujar Wiwit.

 

 

Tak hanya dekorasi saja, pada waktu pemilihan besok para pemilih juga disuguhkan alunan gamelan jawa supaya suasana menjadi rilek sehingga pemilih merasa nyaman dan tidak ada suasana yang kurang enak meskipun berbeda pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *