News  

Simulasi Pemungutan Suara KPU Nganjuk, Persiapan SDM KPPS dan Evaluasi Durasi Waktu

Dalam rangka memperkuat persiapan pemilihan umum mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara hari ini. Selasa (03/01/2024)

Simulasi Pemungutan Suara KPU Nganju

Nganjuk, tivi7news.com – Dalam rangka memperkuat persiapan pemilihan umum mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara hari ini. Selasa (03/01/2024).

Simulasi yang dilaksanakan di balai pertemuan Kendal Kramat Nganjuk tersebut bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keakuratan proses pemungutan serta perhitungan suara pada hari pemilihan nanti. Partisipasi luas dari berbagai pihak, termasuk petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) serta perwakilan masyarakat, menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan simulasi ini.

Nanang Wahyudi Devisi Tehnis Penyelenggara KPU menggungkapkan jika simulasi pemungutan suara ini guna menyiapkan SDM terutama KPPS agar mengetahui tugas dan tanggung jawabnya pada tinggat KPPS. Selain itu mereka agar dapat menggunakan waktu secara teratur sehingga bisa melayani pemilih dengan baik.

” Untuk kegiatan simulasi ini hanya dilaksanakan di satu titik yakni di TPS 18 Kelurahan Kramat. Dari simulasi ini kita targetkan terutama untuk durasi waktu. Kira-kira untuk waktu dari awal sampai selesai membutuhkan waktu sampai berapa,” ungkap Nanang.

Nanang menambahkan nantinya di akhir akan melakukan evaluasi apakah yang dilaksanakan ini ada perbaikan untuk durasi waktu tersebut. Untuk tempat TPS khusus di Nganjuk hanya satu yakni di lapas dan tidak diadakan simulasi hanya melakukan bimtek dengan petugas.

” Untuk petugas KPPS yang ada di lapas nanti yang bertugas yakni dari pegawai lapas. Dalam perhitungan suara untuk simulasi ini diambil setengah dari rata-rata jumlah pemilih yang ada di Nganjuk. Jumlah rata-ratanya sendiri ada 250 maka yang kita simulasikan hari ini yakni 125 selesai hingga jam berapa itu nanti yang akan kita evaluasi,” tutup Nanang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *