Telaga Sarangan, Menyingkap Mitos di Balik Keindahan Alam

Telaga Sarangan, sebuah perairan yang indah di ketinggian, bukan hanya menyuguhkan kecantikan alam, tetapi juga menyimpan berbagai mitos dan legenda yang diperkaya oleh kebudayaan lokal.

Telaga Sarangan. Foto : tivi7news/Rendi

Nganjuk, tivi7news.com – Telaga Sarangan, sebuah perairan yang indah di ketinggian, bukan hanya menyuguhkan kecantikan alam, tetapi juga menyimpan berbagai mitos dan legenda yang diperkaya oleh kebudayaan lokal. Inilah beberapa cerita menarik yang mengelilingi telaga ini.

1. Asal-Usul Nama Sarangan
Menurut mitos setempat, nama “Sarangan” berasal dari kata “sara” yang berarti pusara atau makam. Konon, di dasar telaga ini terdapat pusara seorang pangeran yang meninggal dalam perang.

2. Legenda Kura-Kura Raksasa
Beberapa cerita mengisahkan tentang keberadaan kura-kura raksasa yang menjaga kedamaian Telaga Sarangan. Konon, kura-kura tersebut memiliki kebijakan luar biasa dan dapat berkomunikasi dengan manusia dalam bahasa kuno.

3. Air Ajaib yang Berkah
Masyarakat setempat meyakini bahwa air dari Telaga Sarangan memiliki kekuatan penyembuhan dan berkah. Banyak yang datang ke sini untuk memohon kesembuhan atau keberuntungan dalam kehidupan mereka.

4. Nyai Roro Kidul dan Sarangan
Beberapa versi legenda juga mengaitkan kisah Nyai Roro Kidul, penguasa laut selatan, dengan Telaga Sarangan. Konon, Nyai Roro Kidul memiliki keterkaitan spiritual dengan tempat ini.

5. Pertemuan Dua Sungai
Sebuah mitos menceritakan bahwa di dasar Telaga Sarangan, dua sungai bawah tanah bertemu. Salah satunya mewakili kehidupan dan yang lainnya kematian. Pertemuan kedua sungai ini dipercaya sebagai simbol keselarasan alam semesta.

Telaga Sarangan bukan hanya destinasi wisata alam yang memukau, tetapi juga sebuah tempat yang sarat dengan kepercayaan dan cerita mistis. Dalam kunjungan anda, selain menikmati keindahan panorama, anda juga dapat merasakan aura magis yang menyelimuti tempat ini sesuai dengan kisah-kisah yang melekat di dalamnya. (Lila_)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *